tips-kencan-online-520x289

Ternyata, Banyak Orang Merasa Nyaman Mencari Jodoh menggunakan Aplikasi Kencan Online, Ini Alasannya!

Walau bukan dalam dunia nyata, ternyata ada banyak orang dengan beragam alasan mereka lebih nyaman mencari jodoh lewat aplikasi pencarian jodoh. Sempat ada iklan menarik di televisi yang menyajikan pertanyaan “kapan kawin?” dari orang-orang sekitar yang ternyata dalam dunia nyata tak jarang membuat kita stres. Jodoh atau pasangan yang tak kunjung didapat membuat kita memilih mencari tambatan hati lewat “bantuan” aplikasi pencarian jodoh. Tujuannya tak lain supaya lebih mudah mendapat jodoh sesuai kriteria yang diinginkan.

Namun, masih adakah alasan lain yang membuat pengguna lebih nyaman menggunakan aplikasi pencarian jodoh seperti Tinder atau situs pencarian jodoh Setipe? Padahal pengguna sendiri tidak mengetahui apakah profil yang tertera di aplikasi dan situs tersebut benar-benar sesuai kenyataan atau tidak.

Dalam sebuah riset dari seorang psikolog ternama menjelaskan berdasarkan riset skripsi yang dilakukan oleh mahasiswanya  pada 2015 dengan responden 100 pengguna situs online dating atau kencan online menemukan bahwa sebagian besar penggunanya memiliki penghargaan diri (self-esteem) rata-rata (seperti orang-orang kebanyakan).

Dari hasil pertanyaan terbuka, beberapa partisipan penelitian menyatakan bahwa alasan mereka menggunakan situs online dating (pencarian jodoh) adalah untuk mencari pasangan, sekadar iseng, dan kesibukan sehari-hari yang menyita waktu mereka sehingga tidak sempat mencari pasangan secara langsung.

Selain itu, masih menurut responden penelitian tersebut, teman-teman mereka beranggapan bahwa anggota online dating merupakan orang yang tidak cukup berani untuk menunjukkan dirinya secara langsung, tidak cukup percaya diri, dan takut mengalami kegagalan mendapatkan teman atau pasangan.

Namun sebaliknya mereka justru beranggapan cukup percaya diri dan berani mencoba hal baru. Hanya saja, keterbatasan waktu yang mereka miliki, menjadikan situs kencan online atau aplikasi pencarian jodoh sebagai alternatif untuk mencari teman baru, pasangan, atau jodoh yang akan mereka bawa ke jenjang pernikahan.