ci

Bahaya Ciuman yang Mengundang Resiko 7 Jenis Penyakit ini

Pasti kamu udah pernah ciuman sama pacar kamu kan? Atau kamu selalu ngebayangin buat di cium gara-gara nonton Drama Korea nih? Tunggu dulu! Ciuman gak selamanya menyenangkan lo. Karena berciuman dengan yang bukan muhrim sudah tentu dosa besar dan juga mengundang penyakit.

Kenapa ciuman dapat menyebabkan penyakit? Karena bakteri dan virus dalam darah serta air liur dapat menular ke orang lain, terutama pacar kamu saat berciuman. Langsung aja intip 7 penyakit yang bisa mengundang penyakit akibat berciuman ini. Check it out!

Hepatitis B

Seperti yang kita tahu kalau penyakit Hepatitis B ditularkan melalui darah dan air mani. Tapi, virus penyakit ini juga terdapat di air liur lo. Saat berciuman, virus ini dapat menular melalui air liur yang terinfeksi mengenai selaput lendir atau pembuluh darah orang lain. Selain itu, seseorang lebih mungkin terinfeksi saat berciuman jika kedua pasangan memiliki luka terbuka di sekitar mulut.

Herpes

Herpes adalah penyakit radang kulit yang munculnya gelembung-gelembung berisi air pada si penderita. Umumnya, penyakit ini muncul di mulut dan pinggang bagian atas. Penyakit herpes disebabkan oleh virus, yakni Herpes Simplex yang menyebabkan cold sores dan munculnya seperti sariawan di bibir. Virus ini dapat menyebar melalui kontak langsung saat berciuman.

Cacar Air

Kamu pasti udah pernah dong mengidap penyakit ini sewaktu kecil? Rupanya, cacar air juga bisa menyerang orang dewasa, terutama yang mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh. Cacar air sendiri merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus varicella-zoster yang umumnya ditandai dengan munculnya ruam pada kulit sebagai gejala utamanya. Tapi, penyakit ini paling menular saat belum ruam tersebut. Virus ini dapat menyebar melalui kontak langsung, seperti berciuman.

Kutil

Kutil di dalam mulut juga dapat menyebar melalui ciuman. Kok bisa? Karena kutil disebabkan oleh virus HPV yang memang menyerang kulit dan dapat menular melalui kontak langsung dengan si penderita seperti lewat ciuman bibir yang dalam.

Mononukleus

Penyakit yang berasal dari infeksi virus Epstein-Barr ini disebut juga dengan penyakit ciuman. Penyakit ini dikenali dengan gejala-gejala berupa tenggorokan terasa panas, sakit kepala, demam, dan nyeri di seluruh tubuh, ruam, dan pembengkakan kelenjar getah bening pada leher dan ketiak.

Penyakit ini dapat mempengaruhi beberapa bagian tubuh kita dan juga dapat menyebabkan terjadinya beberapa penyakit lain, seperti radang tenggorokan hingga hepatitis. Infeksi menyebar melalui pertukaran air liur (ciuman). Masa inkubasi (suatu jangka waktu di mana virus mulai masuk ke dalam tubuh hingga menimbulkan gejala) virus adalah sekitar 4-7 minggu.

Meski penyakit-penyakit tersebut jarang terjadi, namun ada baiknya kita bisa mengurangi risiko penularan penyakit dengan cara-cara yang sehat. Selain itu, ciuman bibir sebaiknya dihindari pada orang berpacaran yang belum menikah.