merak

5 Tips Sehat dan Bugar dalam perjalanan Mudik

Momen lebaran terasa semakin bermakna dengan adanya tradisi mudik. Ya..mudik lebaran hanya ada di Indonesia. Sebuah tradisi pulang bareng ke kampung halaman yang membuat jutaan orang rela antru bareng menysusuir jalan macet selama lebih dari 24 jam dengan satu tujuan “bertemu dengan keluarga, pacar dan teman lama di kampung halaman” Tak jarang momen mudik ini menimbulkan masalah kesehatan dan juga rawan kecelakaan lalu lintas.

Bagi kalian yang ingn mudik bareng saat momen lebaran tahun 2016 ini, jangan lupa untuk menyimak tips sehat dan bugar berikut ini:

Jangan lupa untuk Istirahat cukup sebelum perjalanan

Selama perjalanan anda akan banyak menguras energi fisik dan mental serta emosi. Melakukan perjalanan darat dengan kendaraan selama lebih dari 24 jam tentu bukan perkara mudah. Kamu tentu butuh fisik yang prima dengan istirahat cukup sebelumnya.

 Minum banyak air putih.

Dalam perjalanan, resiko dehidrasi sangatlah rentan. Mungkin saja kita tak merasa tubuh kekurangan cairan namun nyatanya, tubuh perlu asupan air secara teratur untuk tetap segar dan bugar.

Bawa bekal yang Cukup

Membawa bekal dari rumah memang terasa ribet sedikit, namun tidak apa karena nantinya ketika perut minta diisi saya tidak harus kerepotan mencari tempat makan. Biasanya dalam perjalanan, kita tidak memiliki banyak pilihan makanan yang tersedia, palingan ujungnya makan fast food. Jika tidak sempat memasak atau membeli, disarankan membawa buah buahan atau makanan ringan.

Kurangi Kejenuhan dengan  Membawa alat hiburan.

Kalau gadget, saya percaya pasti kamu tidak akan meninggalkannya, karena alat elektronik ini sudah menjadi kebutuhan primer bukan lagi sekedar alat hiburan atau komunikasi. Tetapi ada baiknya juga membawa alat hiburan yang tidak tergantung dengan listrik seperti buku bacaan, mainan anak yang dapat dimainkan bersama, buku catatan agar dapat menulis atau music player biar bisa bersenandung ria. Jangan lupa selama perjalanan jika bersama teman/keluarga/pacar, jangan sampai malah lebih sibuk dengan diri sendiri dan melupakan quality time dengan mereka.

Bawa  Obat obatan Pribadi seperlunya.

Jika sudah tahu kemungkinan anda mabok perjalanan, bawalah Antimo atau obat sejenisnya. Boleh juga membawa minyak kayu putih atau balsem yang berfungsi untuk obat segala macam untuk di perjalanan. Jika anda penderita penyakit tertentu, bawalah juga obat obatan sebagai antisipasi jika penyakit kambuh. Selama di perjalanan, usahakan menjaga makanan dan istirahat agar penyakit tidak kambuh.

Semoga mudik kalian bersama keluarga terasa nyaman dan selamat sampai tujuan. Jangan lupa untuk tidak terlalu memaksakan diri selama perjalanan. Istirahat cukup bila tubuh sudah terasa lelah, sehingga kalian bisa terhindar dari resiko kecelakaan akibat kurang istirahat.