aplikasi-jomblo

5 Jenis Penipuan Aplikasi WhatsApp Bagi Pengguna Kencan Online

Saat ini banyak situs kencan online yang digemari anak muda dan selanjutnya beralih ke aplikasi WhatsApp. Aplikasi WA ini paling banyak digunakan karena berbagai kemudahan di dalamnya, salah satunya untuk chat lebih jauh tanpa mengenal waktu bagi muda-mudi yang mengawali perkenalan lewat situs kencan onilne. Selain kaya akan fitur, aplikasi yang kini sudah digunakan secara luas indonesia tersebut juga terkenal akan kompatibilitasnya yang oke di segala platform dan jenis HP.

Namun, waspadalah..ternyata ada banyak pihak tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan nama tenar dari WhatsApp untuk mengelabui orang lain dan berusaha meraup untung dari mereka. 5 Jenis Penipuan Berbahaya yang Mengatasnamakan WhatsApp berikut ini perlu kamu waspadai saat sedang asyik chat dengan kenalan baru kamu

  1. Fake Voicemail

Fake voicemail merupakan salah satu jebakan yang dibuat oleh hacker-hacker yang ingin mengambil informasi berharga dari smartphone kamu. Biasanya mereka mengirimkan email berisi pesan bahwa ada pesan suara (voicemail) melalui WhatsApp yang belum kamu dengarkan. Untuk mendengarkannya, kamu diminta untuk menekan sebuah tombol Play di email tersebut. Namun, tombol tersebut rupanya terhubung ke sebuah malware yang dapat mencuri informasi pribadi bahkan mengunci smartphone kamu secara tidak bertanggungjawab.

  1. WhatsApp Gold Edition

Belakangan, di internet beredar WhatsApp versi MOD yang bernama WhatsApp Gold Edition. WhatsApp tersebut memang berwarna emas, berikut tambahan-tambahan seperti emoji baru dan background yang khusus, mirip seperti aslinya dan justru tampilannya lebih menarik. Akan tetapi, ia menuntut kamu untuk membayar 40 dollar setiap bulannya agar dapat terus menggunakan WhatsApp Gold Edition ini.

  1. WhatsApp’s Spy

Jika kamu search di Google, maka akan ada banyak sekali website yang menawarkan jasa untuk menyadap akun atau chat WhatsApp dari orang lain. Namun hal yang perlu diingat adalah, di antara semua jasa tersebut, sebagian besarnya adalah malware yang siap untuk mencuri data pribadi dari smartphone kesayangan kamu. Jadi yang awalnya kamu ingin mengetahui informasi pribadi orang lain melalui aplikasi sadap tersebut, ternyata justru malah smartphone kamu yang kena resikonya.

  1. $500 Starbucks Gift Card

Tawaran seperti ini seolah menggiurkan. Hanya dengan sedikti usaha sudah dapat $500. Ternyata ini scam (tipuan) yang beredar di internet mengatasnamakan Starbucks dan ia meminta pembacanya untuk mengikuti survey. Survey palsu yang sebenarnya berasal dari pihak tidak bertanggungjawab tersebut berusaha untuk mencuri data pribadi, dan semakin hari variannya semakin banyak. Ada yang mengatasnamakan McDonald, IKEA< H&M, KFC, 7-Eleven, hingga Zara. Hatti-hati ya..

  1. Investment Fraud

Peniupun paing mudah di dunia maya adalah dengan mengatas namakan investasi. Beberapa waktu yang lalu sempat beredar sebuah bentuk penipuan yang menyerang pengguna WhatsApp. Penipuan tersebut berisi ajakan untuk berinvestasi ke sebuah perusahaan bernama Avra Inc. Pesan itu mengklaim bahwa setiap investor yang menyimpan uangnya di Avra akan mendapatkan keuntungan hingga berkali-kali lipat. Scammer yang tidak bertanggungjawab dalam aksi penipuan ini akan menipu setiap investor dan menghisap uang mereka dengan mempermainkan nilai saham.

Jadi, bagi kalian yang sednag dimabuk asmara dengan pasangan chat online melalui whatsApp, hati-hati ya terhadap 5 aplikasi scam diatas.